ALGORITMA
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Materi Ajar Informatika Kelas 9
Memecahkan Masalah, Selangkah demi Selangkah
Selamat datang di dunia berpikir komputasional! Pada bab ini, kita akan mempelajari salah satu konsep paling dasar dan penting dalam dunia teknologi, yaitu algoritma. Jangan khawatir, ini tidak serumit kedengarannya. Faktanya, kalian sudah sering menggunakan algoritma setiap hari!
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu:
Menjelaskan kembali pengertian dan fungsi algoritma dengan bahasa sendiri.
Membedakan tiga cara penyajian algoritma (Bahasa Natural, Flowchart, dan Pseudocode).
Membuat algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Selamat datang di dunia coding! 🧑💻 Di materi ini, kita akan belajar bagaimana cara "berpikir" seperti seorang programmer dan memberikan perintah kepada komputer. Ini adalah keahlian super keren yang sangat berguna di masa depan, apa pun cita-cita kalian!
A. Apa Itu Algoritma? 🧠
Algoritma berasal dari nama Latin seorang Matermatikawan yang berasal dari Persia yang bernama : Abu Ja"far Muhammad Ibn Musa Al-Khwarizmi yaitu Algorirism (Algorithm).
Arti asli dari Algoritma adalah Proses menghitung dan menggunakan angka-angka Arab berupa bilangan desimal ( angka 0 - 9 ).
Arti Modern dari Algoritma : Algoritma digunakan untuk mendeskripsikan serangkaian intruksi atau langkah logis untuk menyelesaikan masalah terutama dalam konteks pemrograman komputer.
Jadi Algoritma adalah serangkaian intruksi atau langkah-langkah logis dan sistematis yang disusun secara berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas tertentu baik dalam konteks komputer maupun kehidupan sehari hari.
Sebelum kita bisa menyuruh komputer melakukan sesuatu, kita harus merancang langkah-langkahnya terlebih dahulu.
Bayangkan algoritma seperti resep masakan. Untuk membuat mi instan, ada langkah-langkah yang harus diikuti secara berurutan:
Rebus air hingga mendidih.
Masukkan mi ke dalam air mendidih.
Sambil menunggu, siapkan bumbu di dalam mangkuk.
Setelah mi matang, tiriskan dan tuang ke dalam mangkuk.
Aduk hingga rata.
Mi instan siap disajikan!
Jika urutannya salah (misalnya, memasukkan mi sebelum air mendidih), hasilnya pasti tidak akan enak. Begitu juga dengan komputer, jika algoritmanya salah, programnya akan error atau tidak berjalan sesuai keinginan.
Komputer pada dasarnya adalah alat yang "bodoh". Ia tidak bisa melakukan apa pun tanpa instruksi. Algoritma inilah yang menjadi "resep" atau "buku panduan" bagi komputer untuk menjalankan sebuah tugas. Semua aplikasi, game, dan situs web yang kamu gunakan dibuat berdasarkan serangkaian algoritma.
B. Cara Menulis Algoritma:
Ada 3 cara umum untuk menggambarkan algoritma:
Deskriptif ( bahasa Natural) yaitu dengan memaparkan/menjelaskan/menggambarkan langkah-langkah dari suatu proses
- Flowchart (Diagram Alir): Menggambarkan algoritma menggunakan simbol-simbol grafis. Ini membantu kita melihat alur program secara visual.
|
Simbol |
Nama |
Fungsi |
|
Oval |
Terminator |
Memulai
atau mengakhiri program. |
|
Jajar Genjang |
Input/Output |
Menerima
data atau menampilkan hasil. |
|
Persegi Panjang |
Proses |
Melakukan
operasi atau perhitungan. |
|
Belah Ketupat |
Keputusan |
Untuk
kondisi (jika... maka...). |
|
Anak Panah |
Alur |
Menunjukkan
arah aliran program. |
3. Pseudocode (kode palsu) : Menuliskan algoritma dengan bahasa yang sederhana dan mirip dengan bahasa manusia, tetapi tetap terstruktur.
Contoh Kasus: Algoritma Menghitung Luas Persegi Panjang
Mari kita coba terapkan ketiga cara penyajian untuk masalah sederhana: menghitung luas persegi panjang.
Bahasa Natural:
Mulai.
Minta pengguna memasukkan nilai lebar.
Minta pengguna memasukkan nilai panjang.
Hitung luas dengan mengalikan panjang dan lebar.
Tampilkan hasil luas tersebut.
Selesai.
2. Pseudocode:
MULAI
BACA lebar
BACA panjang
luas = panjang * lebar
TULIS luas
SELESAI
3. Flowchart:
Mari kita coba terapkan ketiga cara penyajian untuk masalah sederhana: menghitung luas persegi panjang.
Bahasa Natural:
Mulai.
Minta pengguna memasukkan nilai lebar.
Minta pengguna memasukkan nilai panjang.
Hitung luas dengan mengalikan panjang dan lebar.
Tampilkan hasil luas tersebut.
Selesai.
2. Pseudocode:
MULAI BACA lebar BACA panjang luas = panjang * lebar TULIS luas SELESAI3. Flowchart:
Jika algoritma adalah resepnya, maka pemrograman adalah proses memasaknya. Pemrograman adalah kegiatan menulis kode (instruksi) menggunakan bahasa pemrograman agar komputer dapat menjalankan algoritma yang telah kita buat.
Apa itu Bahasa Pemrograman?
Komputer tidak mengerti Bahasa Indonesia atau Inggris. Kita butuh "bahasa penerjemah" yang disebut bahasa pemrograman. Ada banyak sekali bahasa pemrograman di dunia, seperti Python, JavaScript, C++, dan Java.
Untuk pemula, kita akan coba menggunakan Python karena bahasanya sangat mudah dibaca dan dipahami, mirip seperti menulis dalam Bahasa Inggris sederhana.
Mulai Koding Pertama Kita!
Kita akan menggunakan tool online agar tidak perlu menginstal apa pun. Kalian bisa buka situs seperti Replit atau Google Colab.
Contoh 1: Menampilkan Teks
Ini adalah program paling dasar yang biasa dibuat oleh semua programmer saat pertama kali belajar.
# Ini adalah sebuah komentar, tidak akan dieksekusi oleh komputer
# Program untuk menampilkan tulisan ke layar
print("Halo, Dunia! Saya siap belajar koding!")
Penjelasan:
print()adalah sebuah fungsi bawaan dari Python untuk menampilkan sesuatu ke layar.Teks yang ingin ditampilkan harus berada di dalam tanda kutip (
"atau').
Contoh 2: Menggunakan Variabel
Variabel adalah "wadah" untuk menyimpan data atau informasi. Bayangkan seperti sebuah kotak yang bisa kita beri nama dan isi dengan sesuatu.
# Menyimpan data ke dalam variabel
nama = "Budi"
umur = 15
nilai_matematika = 85.5
# Menampilkan isi variabel
print("Nama saya adalah:", nama)
print("Umur saya:", umur, "tahun")
print("Nilai matematika saya adalah:", nilai_matematika)
Penjelasan:
nama,umur, dannilai_matematikaadalah nama-nama variabel.=adalah operator untuk "mengisi" nilai ke dalam variabel.
D. Aktivitas Kelompok: "Algoritma Mesin Penjual Otomatis"
Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-4 orang.
Masalah: Pikirkan langkah-langkah apa saja yang terjadi saat kamu membeli minuman dari vending machine.
Tugas: Buatlah algoritma proses tersebut dalam bentuk Flowchart.
Pertimbangkan adanya kondisi, misalnya: "Bagaimana jika uang yang dimasukkan kurang?" atau "Bagaimana jika minuman yang dipilih habis?". Gunakan simbol Decision (belah ketupat) untuk kondisi tersebut.
Presentasi kan hasil diskusimu di depan kelas!
E. Rangkuman
Algoritma adalah jantung dari pemrograman dan pemecahan masalah secara komputasional.
Algoritma yang baik harus terbatas, jelas, memiliki input-output, serta efektif.
Kita dapat menyajikan algoritma menggunakan bahasa natural, flowchart, atau pseudocode sebelum mengubahnya menjadi program komputer.
Dengan memahami algoritma, kita belajar untuk berpikir secara terstruktur, logis, dan sistematis.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar