Pemanfaatan TIK dalam pengolahan konten
Materi ajar kelas 9 tentang pemanfaatan TIK dalam pengolahan konten meliputi analisis aplikasi yang efisien, pembuatan dokumen multi-konten (teks, data, gambar), pembuatan portal informasi publik (blog dan vlog) sebagai ruang pajang digital, dan pengelolaan konten digital secara keseluruhan. Siswa akan belajar mengoperasikan aplikasi perkantoran, membuat blog dan vlog dengan memperhatikan aspek stabilitas dan pencahayaan, serta menganalisis aplikasi yang paling sesuai untuk tujuan dan audiens tertentu dalam pembuatan konten.
1. Pemanfaatan Aplikasi Perkantoran (Integrasi Konten)
- Tujuan: Menganalisis aplikasi yang efisien untuk mengolah file teks, gambar, grafik, tabel, dan audio, serta menghasilkan dokumen yang berisi teks, data, dan gambar untuk laporan, presentasi, dan komunikasi tertulis.
- Contoh: Menggunakan aplikasi pengolah kata, lembar kerja, dan presentasi untuk membuat dokumen yang beragam elemen.
- Fokus: Siswa akan belajar menganalisis aplikasi yang tepat untuk jenis dokumen tertentu berdasarkan tujuan dan audiensnya.
2. Pembuatan Portal Informasi Publik (Blog dan Vlog)
- Blog:
- Mengembangkan dan mengelola konten blog sederhana sebagai ruang pajang digital pribadi.
- Siswa belajar menyusun portal informasi publik sebagai ruang pajang digital mereka.
- Vlog:
- Mengembangkan bentuk lain dari blog, yaitu vlog, yang menyajikan konten dalam bentuk video.
- Mempelajari cara membuat vlog, termasuk alat perekaman (misalnya smartphone) dan editing video.
3. Pengelolaan Konten Digital
- Analisis Konten: Mampu menganalisis aplikasi yang efisien untuk mengolah berbagai jenis konten digital.
- Kreator Konten: Siswa menjadi kreator konten digital yang hebat dengan memahami berbagai jenis ruang publik virtual dan cara membuat konten yang menarik.
- Jejak Digital: Memahami pentingnya menjaga jejak digital yang merupakan aktivitas mereka di internet.
4. Aspek Teknis dan Praktis
- Perekaman Video: Memperhatikan hal-hal penting saat merekam video dengan smartphone, seperti posisi mikrofon, penggunaan kedua tangan untuk stabilitas, menghindari zoom digital, dan kondisi cahaya.
- Editing Video: Menerapkan dasar-dasar editing video untuk menghasilkan konten yang baik.
Tujuan Utama Pembelajaran
- Siswa mampu menghasilkan dokumen multi-konten untuk keperluan laporan dan presentasi.
- Siswa mampu membuat dan mengelola blog dan vlog untuk mempublikasikan karya dan ide mereka di internet.
- Siswa dapat menganalisis aplikasi yang tepat untuk berbagai jenis kebutuhan pengolahan konten digital.
Komentar
Posting Komentar